logo blog
Advertise 728x90

Penyebab dan Gejala Batuk Berdarah

Penyebab dan Gejala Batuk Berdarah

Penyebab dan Gejala Batuk Berdarah
Penyebab dan Gejala Batuk Berdarah. Sebenarnya, secara proses terjadinya batuk yang disertai lender berwarna merah atau darah berasal dari berbagai macam sebab yang mana dipengaruhi dari kondisi tubuh. Batuk berdarah menjadi salah satu penyakit yang dalam konteks serius yang mana warna yang dihasilkan seperti warna merah muda, merah berlendir hingga berbusa. Batuk darah datang biasanya mengawali salah satu penyakit yang kronis seperti paru-paru dan sebagainya.

Selain gejala batuk berdarah yang membuat penderita akan merasa kaget bukan kepalang, cobalah bersikap tenang untuk menghadapinya. Jika memang anda perokok berat, ini adalah salah satu sikap tubuh untuk meminta pertanggung jawaban dari sang badan. Selain memang banyak penyebab lain yang dapat dirinci dibawah ini.


Penyebab Batuk Berdarah

Infeksi
Infeksi menjadi masalah pokok akan terjadinya baduk yang disertai dahak bahkan berdarah yang dapat merusak saluran pernafasan seseorang dan menjadi tombak awal dari beberapa penyakit yang mengerikan seperti bronchitis, pneumonia, TBC, gejala paru-paru dan masih banyak lagi. Saat batuk berdarah masih disebabkan karena infeksi saja, tahap penyembuhan masih bisa dilalui dengan waktu yang cukup cepat. Namun saat sudah menjalar ke berbagai macam gejala penyakit, proses penyembuhan akan dilalui dengan jangka waktu yang cukup lama dan lebih sulit.

Tumor
Jika anda mengidap penyakit tumor yang diderita sudah dalam waktu yang relatif lama, akan mengakibatkan batuk yang disertai dengan lendir merah segar. Tumor penyebab dari lendir darah tersebut karena tumor melekat pada paru-paru yang biasa disebut dengan tumor karsinoma paru. 

Bronkitis
Salah satu penyakit yang wajib dihindari oleh seluruh umat manusia adalah penyakit yang lebih terkenal disebut bronchitis. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang bersarang pada paru-paru dan dapat menular ke lingkungan sekitar dengan interaksi fisik, namun sulit untuk disembuhkan.

Penyakit Kardiovaskular
Kardiovaskular atau salah satu penyakit yang muncul dari daerah jantung, gejala batuk berdahak dapat saja terjadi karena jantung dan dada terasa sakit. Dan penyakit tersebut menyebabkan penderitanya mengalami batuk yang disertai dengan darah dan secara ilmiah disebut dengan toraksis, mitra stenosis, maformasi atau juga arteriovenous. 

Radang Paru-Paru
Salah satu penyebab batuk berdarah adalah adanya radang paru-paru. Radang itu disebabkan oleh adanya kuman penyebab TBC. Orang yang menderita TBC sebaiknya masuk ke dalam ruangan isolasi agar tidak menyebar ke orang lain. Radang paru-paru ini pun bisa menular melalui udara. Oleh sebab itulah, sebaiknya kita jaga jarak dengan orang yang mengalami penyakit paru-paru.

Kelainan Pembuluh Darah
Salah satu penyebab orang terkena batuk berdarah adalah adanya kelainan di pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang ada di paru-paru. Pembuluh darah yang digunakan untuk aliran darah jika ada kelainan bisa menimbulkan batik berdarah.

Kanker Paru-Paru
Batuk berdarah bisa disebabkan oleh kanker paru-paru, saat orang mengalami batuk berdarah hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan rontgen pada bagian paru-parunya setelah itu melakukan tes laborat.

Iritasi Tenggorokan
Batuk berdarah bisa disebabkan oleh adanya iritasi di bagian tenggorokan. Iritasi itu bisa disebabkan oleh adanya rasa gatal dan batuk yang tidak sembuh selama dua minggu. Akibatnya gatal tersebut bisa membuat iritasi di tenggorokan, tenggorokan yang terdapat iritasi bisa membuat batuk yang dikeluarkan menjadi berdarah.

Kelainan Hematologi
Kelainan hematologi bisa menjadi penyebab batuk berdarah. Kelainan itu misalnya saja adalah disfungsi dari trombosit, penyakit trombositopenia dan juga DIC atau disserminated intravascular coagulation.

Setelah mengetahui penyebab dan gejala batuk berdarah di atas, tentunya sekarang anda dapat dengan mudah untuk menghindari batuk berdarah datang kembali. Jangan lupa baca juga Cara cepat menyembuhkan cacar.

Share this article:

your comments
Copyright © 2016. Tips Cantik dan Sehat - All Rights Reserved