logo blog
Advertise 728x90

Macam-macam Penyakit Tulang

Macam-macam Penyakit Tulang

Macam-macam Penyakit Tulang
Macam-macam Penyakit Tulang. Gejala sakit yang bersarang dibagian tulang sering kali disepelekan oleh beberapa orang karena rasa nyeri yang dirasakan masih dianggap sakit biasa. Namun, saat sakit tersebut menjadi lebih parah akan membuat sang penderita menjadi lebih menderita. Pasalnya sakit tulang akan merusak semua kegiatan anda karena tulang menjadi penyangga bagi organ-organ tubuh lain yang terdiri dari beberapa kolagen dimana seluruh protein yang mengandung protein yang terdapat banyak kalsium fosfat dan kaya akan mineral. 

Tulang menjadi jembatan bagi organ-organ yang ada ditubuh kita, maka kekuatan tulang menjadi sangat penting untuk menyangga tubuh. Kolagen dan kalsium menjadi campuran sempurna untuk menjadikan tulang kuat juga fleksibel sehingga tubuh akan mendapat tambahan kekuatan untuk menahan seluruh tekanan saat menjalankan aktifitas. Selain itu, dalam komposisi tulang, terdapat dua jenis yaitu tulang cortical dan trabecular yang mana dengan sejalannya waktu ada beberapa gangguan yang bisa saja datang seperti macam-macam penyakit tulang seperti berikut.


Macam-macam Penyakit Tulang

Osteoporosis
Jika anda sering melihat acara di TV mungkin sekilas anda sering mendengar apa itu gejala sakit tulang yang satu ini. Dalam pengertian, osteoporosis adalah gejala penyakit tulang yang menyebabkan kepadatan tulang menjadi semakin turun. Dan untuk penyakit tulang yang satu ini cukup berbahaya karena akan menggerogoti kekuatan tulang trabecular dan menjadikannya semakin lemah. Dan karena itu, tulang pada tubuh akan mudah patah. Walaupun mayoritas penderita osteoporosis adalah wanita lanjut usia, namun harus diwaspadai gelanya sedini mungkin.

Osteomyelitis
Salah satu penyakit tulang yang satu ini memang jarang terdengat karena memang jarang diperhatikan oleh orang yang tidak merencanakan kehidupan pada masa tuanya. Penyakit tulang osteomyelitis ini disebabkan dari beberapa faktor termasuk oleh bakteri yang cepat menyebar dan secara otomatis mengurangi daya kekuatan pada tulang.

Osteomalacia
Jika anda terserang gejala penyakit tulang yang satu ini, anda diwajibkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D karena penyakit ini akan membuat tulang pada tubuh anda lemas dan lunglai karena kurangnya asupan vitamin tersebut. Untuk faktor yang lain bisa disebabkan karena kurangnya metabolism dalam tubuh dan membuat tulang akan mudah patah.

Rickets Rickets
Untuk para ibu, mungkin sakit tulang yang satu ini harus menjadi pantauan khusus karena bisa saja terjadi pada anak balita atau pada anak yang dalam masa pertumbuhan. Susunan tulang pada anak berupa abnormal atau beberapa tumpukan kalsium yang ada pada tulang karena asupan susu kalsium atau bisa juga disebabkan karena radiasi sinar matahari.

untuk menjaga kualitas tulang menjadi tetap kuat dari tahun ke tahun hingga lanjut usia diperlukan beberapa faktor yang harus anda ketahui dan tentunya anda jalankan. Seperti olahraga yang teratur untuk pembentukan tulang agar menjadi fleksibel dan kuat juga beberapa makanan yang wajib anda konsumsi yang mana dalam konteks disini tidak harus orang yang sudah lanjut usia saja yang dapat merawat tulangnya. Karena pada pasalnya, tulang menjadi pangkuan utama bagaimana tubuh kita bersatu. Seluruh aspek yang ada pada dalam tubuh menjadi kuat dan dapat difungsikan karena adanya tulang yang kuat. Jika anda masih ingin menjalani hari-hari dimasa tua anda dengan menimang cucu atau masih bisa berjalan-jalan dengan bugar. Rawatlah tulang anda agar terhindar dari beberapa penyakit yang sudah disampaikan diatas. Baca juga Cara mengecilkan perut buncit.

Share this article:

your comments
Copyright © 2016. Tips Cantik dan Sehat - All Rights Reserved