logo blog
Advertise 728x90

Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Cara Memandikan Bayi Yang Benar


cara memandikan bayi

Cara memandikan bayi. Salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan dengan teliti dan benar adalah memandikan bayi. Membersihkan dan memandikan bayi harus di lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai si buah hati, mengingat kondisi bayi yang masih lemah. 

Memandikan bayi merupakan bagian dari perawatan, agar bayi tetap bersih dan terjaga kesehatan nya. Untuk itu perlu nya ibu mengetahui cara memandikan bayi yang benar. Supaya bayi tetap merasa nyaman.

Cara Memandikan bayi yang benar 


Berikut ini beberapa cara dan tips yang dapat dilakukan oleh ibu dalam memandikan bayi: 

  • Pertama siapkan keperluan untuk mandi bayi. 

  • Isi dengan air hangat dengan suhu 36-37 derajat celcius ke bak mandi, lalu periksa suhu nya apakah sudah sesuai. 

  • Buka baju bayi, bungkus dengan handuk yang sudah di siapkan di pangkuan anda, usap mata nya dengan kapas yang sudah di basahi dengan air dingin matang, bersihkan hingga ke sekitar wajah dan mulut. 

  • Bersihkan mata dari luar ke dalam dengan kapas yang sudah di basahi. 

  • Basuh kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung serta tungkai nya, jangan lupa daerah lipatan nya. 

  • Sabuni daerah kepala dan badan dengan washlap. Untuk sabun pilihlah yang formal PH balance agar tidak pedih di mata. 

  • Lalu keramasi rambut nya, cara nya pegang kepala di atas bak mandi. Keringkan, lalu lepaskan handuk dengan sebelumnya satu tangan berada di bawah pundak, sementara tangan lainnya di pantat. Secara perlahan bayi di masukkan ke bak mandi. 

  • Topang leher dan pundak nya, lalu sabuni dan bilas. Selanjut nya pegang pantat bayi lalu angkat, bungkus dengan handuk agar bayi tidak kedinginan. Tepuk-tepuklah supaya kering. Saat akan memakaikan baju dan popok, biarkan handuk tetap membungkus bayi. 

Ketika memandikan bayi, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan, terutama pada bagian tertentu yang memang agak sulit di jangkau dan juga mengingat kulit bayi yang sensitif. Daerah spesifik tersebut antara lain:

 Membersihkan Seputar alat kelamin 

  • Pada bayi laki-laki 
Pertama bersihkan kotoran yang ada di kulup secara perlahan, lalu dorong lembut kulit penis ke pangkal nya, lalu sekah kotoran dengan kotoran kasa basah. 

  • Pada bayi perempuan 
Bersihkan area kemaluan mulai dari depan ke belakang, yaitu area kemaluan sampai ke anus, di lanjut ke bagian selangkangan. 

Dengan mengetahui cara memandikan bayi yang benar, diharapkan bayi dapat terjaga kebersihan dan kesehatannya.  Dan ibu pun memiliki tambahan pengetahuan tentang perawatan bayi.
Baca Juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Share this article:

your comments
Copyright © 2016. Tips Cantik dan Sehat - All Rights Reserved