logo blog
Advertise 728x90

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

cara merawat bayi baru lahir

Cara merawat bayi baru lahirBagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, tentu nya akan banyak pertanyaan yang muncul, seperti bagaimana cara memandikan bayi, bagaimana menengangkan bayi dan lain sebagainya, inti nya adalah tentang perawatan bayi. 

Menjadi orang tua memang menyenangkan, tetapi bagi orang tua yang belum memiliki pengalaman, mengurus bayi tentu akan sangat merepotkan dan terkadang membuat anda menjadi panik. Maka nya di perlukan pengetahuan bagaimana cara merawat bayi baru lahir yang benar.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Yang Benar 

1. TALI PUSAT 

Cara merawat bayi baru lahir yang pertama adalah di bagian tali pusat. Bagian ini perlu mendapatkan perhatian ekstra, karena daerah ini mudah sekali terkena infeksi. Jika ada tali pusat yang belum putus terkena air saat bayi dimandikan, cepat lah dikeringkan dengan kasa yang steril atau cotton buds. Jangan di taburkan ramuan apa pun di pangkal tali pusat. 

Umum nya tali pusat akan putus sendiri sekitar 1 – 2 minggu setelah kelahiran. Sangat disarankan untuk menggunakan air matang untuk perawatan tali pusat dan biarkan tetap terbuka agar cepat kering. 

2. Mata 

Di bagian atas mata merupakan sumber air mata, yang akan mengeluarkan air mata setiap 3 detik dan akan mengalir ke saluran di ujung tengah mata yang dekat dengan hidung. Pada bayi yang baru lahir sumber air ini belum berproduksi sehingga salurannya tertutup. Jadi yang seharusnya air ini sudah mengalir jadi tergenang. 

Fungsi air mata pada bayi adalah untuk membunuh kuman untuk beberapa menit, tapi jika lewat dari itu malah akan menjadi makanan kuman, dan bisa membahayakan mata bayi. Untuk itu perlunya melakukan pemijatan di sudut mata dengan jari atau cotton buds yang telah dibasahi dengan air matang, agar genangan air mata yang belum mengalir bisa lancar.

3. Kulit

Kulit harus sering di bersihkan, karena akan menjadi makanan empuk bagi kuman-kuman. Untuk itu bayi yang baru lahir perlu dimandikan sehari sekali, karena ia belum tahan akan dingin. Cara memandikannya bisa dengan di lap menggunakan washlap yang diberi sabun bayi, atau dengan cara di rendam. 

Untuk sabun bayi pilihlah yang mengandung Pro Vitamin B5 yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaganya tetap lembab dan halus. Untuk menjaga kelembaban pada kulit bayi pakailah baby oil yang mengandung vitamin E. 

4. Kulit Kepala

Cradle Crap atau kerak di kulit kepala harus sering dibersihkan, ia terbentuk karena polusi udara dan debu. Untuk cara membersihkannya gunakan air matang yang dicampur dengan obat pemberian dokter. Bersihkan dengan lembut jangan di kerok, karena cradle crap akan rontok sendiri setelah dibersihkan dengan obat tadi.

Atau bisa menggunakan baby oil, caranya oleskan baby oil ke kepala yang ada keraknya, lalu diamkan selama 10-15 menit, kemudian dipijat secara lembut, baru dibersihkan dengan air hangat. 

Demikianlah cara merawat bayi baru lahir dengan benar dan aman, jika masih belum paham bisa ditanyakan dengan orang sekitar yang sudah berpengalaman seperti orang tua, saudara, tetangga atau dengan dokter anak. 
Baca juga: Tahap Perkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan







Share this article:

your comments
Copyright © 2016. Tips Cantik dan Sehat - All Rights Reserved